S1 Arsitektur

Website: http://www.ukdc.ac.id/arsitektur/

Visi

Visi program studi arsitektur sejak tahun 2017 tersebut dikaitkan dengan keunggulan Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika yaitu: “Menjadi Program Studi Arsitektur yang terpercaya untuk menghasilkan rancangan yang sustainable architecture”.

Penjelasan dari kata kunci sustainable architecture” dalam visi Program Studi Arsitektur yaitu :

  1. Mampu memecahkan masalah-masalah lingkungan buatan dengan penuh tanggung jawab didasarkan pada pembangunan berwawasan lingkungan (sustainable architecture).
  2. Selalu mengupayakan pendekatan yang bercirikan kearifan lokal budaya bangsa Indonesia menjadi kekayaan arsitektur.
  3. Mampu menerapkan dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi arsitektur secara mandiri, kreatif, dan inovatif.

Kearifan lokal, kepedulian lingkungan, dan perkembangan teknologi di bidang arsitektur menjadi kekhasan dari Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika. Dengan demikian, lulusan mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika sebagai arsitek Indonesia mampu mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi di bidang arsitektur, dengan tetap memiliki identitas budayanya sendiri, tanpa merusak lingkungan.

Misi

“Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika sebagai prodi arsitektur berkomitmen mengintegrasikan pengajaran dan penelitian di bidang arsitektur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia”. Menyelenggarakan pendidikan agar mahasiswa arsitektur dapat menjadi sarjana arsitektur yang mampu memecahkan masalah-masalah lingkungan buatan dengan menerapkan keahlian berarsitektur dan mengembangkan teknologi pengetahuan arsitektur secara kreatif inovatif, bertanggung jawab kepada lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Misi Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika merupakan penjabaran dari visi Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika di tahun 2017. Melalui misinya Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika ingin menghasilkan lulusan yang trampil, professional, dan bertanggung jawab secara etika mapun moral kepada masyarakat, professional, dan peduli dengan lingkungannya sesuai moto Universitas Katolik Darma Cendika: “scientia et moralis”. Misi Prodi Arsitektur. Universitas Katolik Darma Cendika ini juga diterjemahkan dalam beberapa bagian yaitu:

“Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika berkomitmen meningkatkan produktifitas publikasi ilmiah dan mengembangkan bahan ajar di bidang ilmu arsitektur yang bersumber dari hasil penelitian”

Perumusan misi Program Studi Arsitektur UKDC ini sekaligus menjelaskan Kekhasan dan Keunggulan Prodi, yaitu :

Pencapaian kompetensi unggul lulusan Program Studi Arsitektur UKDC didasarkan pada kesesuaian dengan 13 standar kompetensi arsitek yang dirumuskan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan tetap mengembangkan kepeduliaan pembangunan yang berwawasan lingkungan (sustainable architecture), bercirikan kearifan lokal budaya bangsa Indonesia, dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi arsitektur secara mandiri, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pencapaian kualitas pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan binaan.

Alamat Website
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!